Fat Loss · Sixpack

Jogging Bakar Berapa Kalori ? | Jogging tidak membakar Lemak (?) !!

jogging-bakar-berapa-kalori

Jogging Bakar Berapa Kalori?

Jogging bakar berapa kalori? jika ini pertanyaan Kamu? mungkin sebaiknya pertanyaannya diubah menjadi seberapa efektif kah Jogging bakar kalori? dan adakah olahraga lain selain jogging untuk bakar kalori?

Ketika Kamu ingin menurunkan berat badan, hal yang paling umum disarankan adalah melakukan diet (makan lebih sedikit dan lakukan latihan kardio). Well, sejauh ini Jogging menjadi kardio yang sangat populer sepanjang masa, tapi ketika 9 dari 10 orang berfikir jogging adalah metode yang efektif, saya sebagai Fat Loss Mentor, mempertanyakan lebih dalam lagi hal tersebut. Dan hasil dari salah satu klien saya (Alvin D) yang sukses dalam menurunkan 10kg dalam 75hari, menjadi jawaban dari pertanyaan saya, yang akan saya jelaskan disini.

Jadi, Apa benar jogging bisa membantu Kamu menurunkan berat badan dan terlihat berdefinisi? Jawabannya “BISA”, jogging bisa membantu Kamu turun berat badan dan membantu memiliki tubuh yang kencang dan berdefinisi. Tetapi pertanyaan sebenarnya yang harus Kamu tanyakan adalah, apakah jogging itu metode yang paling efektif dalam menurunkan berat badan di antara semua kardio yang ada? Jawaban dari trial dan error yang saya lakukan dengan klien-klien saya adalah “TIDAK”. Dan melalui artikel ini saya akan menjelaskan kenapa.

jogging-bakar-berapa-kalori
jogging-bakar-berapa-kalori

Fakta Jogging

Saya akan mulai dari fakta-fakta tentang jogging, dasarnya jogging membantu Kamu membakar kalori lebih. Nah, kalori lebih ini bisa membantu Kamu mendapat defisit kalori per harinya jika memang dilakukan secara rutin, yang akan berakhir membuat Kamu membakar lemak yang sudah tersimpan lama di dalam tubuh. Tapi gimana kalau Saya latihan beban dari pada jogging, atau mungkin main futsal, basket atau hanya sprint untuk 1 menit? Apakah jogging masih menjadi kardio yang efisien untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh Kamu?

Jogging membakar ±400 kalori per jam, Latihan beban membakar ±250 kalori per jam, tapi di latihan beban, ini belum termasuk “afterburn effect” atau efek setelah latihan, yang akan Kamu alami ketika tubuh akan terus membakar kalori untuk proses pemulihan. Dan ada juga Circuit Training, yang akan membakar kalori lebih banyak lagi dari pada metode latihan beban pada umumnya. Untuk basket dan futsal, permainan setengah lapangan atau Half Court Game, membakar ±550 kalori per jam dan untuk permainan Full Court membakar ±747 kalori per jam, itu jauh lebih banyak kalori yang dibakar dari pada jogging. Dan yang terakhir ada “Sprint”, mungkin Kamu akan kaget, Sprint membakar ±200 kalori . . . . . . dalam 2,5 menit! Dan itu sangat jauh lebih efektif dari pada jogging.

Banyak mitos yang beredar bahwa, sprint dan latihan kardio intensitas tinggi lainnya, akan membakar lebih banyak kalori dari karbohidrat, sedangkan jogging akan membakar kalori dari lemak. Tetapi setelah saya melakukan trial dan error dilengkapi dengan membaca penelitian dari berbagai sumber, mitos ini sudah terpecahkan sebagai salah satu pengetahuan yang menyimpang atau salah! Anggap Kamu sedang jogging, dan ketika jogging itu sebenarnya, kamu membakar 60% kalori dari lemak, dan 40% kalori dari karbohidrat. Begitu juga disaat sprint, namun terbalik, 60% kalori terbakar dari karbohidrat dan 40% kalori terbakar dari lemak. Presentase juga tidak begitu pengaruh disini, yang penting adalah total jumlah kalori yang dibakar. Jika kamu bakar lebih banyak kalori ketika sprint, Kamu pastinya akan tetap membakar lemak lebih banyak meskipun presentase di atas kertasnya kecil.

Taukah Kamu, bahwa sehabis jogging, kecenderungan merasa lebih lapar itu naik drastis, yang berakhir dengan, Kamu akan mau makan lebih banyak kalori ketimbang kalori yang barusan Kamu bakar. Dan cara yang paling efisien untuk menghilangkan kalori adalah dari diet Kamu, dan juga jika ingin ditambahkan suplement dan kardio yang tepat akan membakar kalori lebih signifikan lagi.

Hal lain yang juga haru Kamu tahu, bahwa berlebihan melakukan kardio juga tidak baik, karena massa otot akan ikut menyusut, yang justru massa otot yang padat, membuat tingkat BMR Kamu tinggi, yang artinya, sangat membantu membakar kalori lebih banyak lagi, bahkan ketika tidur. Jadi pastinya Kamu tidak mau melakukan hal-hal yang meyebabkan massa otot ikut menyusut. Saran dari saya, untuk melakukan kardio yang tepat dalam seminggu itu baiknya 2-3x dengan durasi 20-30 menit.

Kesimpulannya, jogging adalah cara yang tepat untuk melatih pernafasan dan tubuh secara umum, dan, juga akan membantu membakar kalori. Tapi di luar jogging masih banyak cara lain, yang lebih efektif dan efisien, dalam membakar lemak.

jogging-bakar-berapa-kalori
jogging-bakar-berapa-kalori

Olahraga yang Paling Banyak Membakar kalori

High Intensity Interval Training atau latihan kardio dengan intensitas yang tinggi adalah salah satu caranya. Sprint, Tabata, Circuit, atau bahkan basket bisa membakar lebih banyak kalori ketimbang jogging. Jadi, jangan terfokus untuk melakukan jogging ketika Kamu ingin membakar lemak dalam tubuh, malah, jika konsen ke diet dan latihan beban, hasilnya akan jauh lebih baik, ketimbang kardio setiap hari dengan durasi yang lama. Saya ingatkan sekali lagi, untuk Kamu yang mau menghilangkan lemak dalam tubuh, bahwa semua itu bukan apa yang harus dilakukan tetapi diet yang baik dan benar lah jawaban untuk terlihat lebih seksi atau keren 😉

 

Baca Juga artikel penting lainnya:

 

Cara Bakar Lemak dan Meningkatkan Produktifitas

 

 

Cara Bakar Lemak Menjadi Energi : 5 Kunci Rahasia (Terbukti Efektif)

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *