Fat Loss

Cara Bakar Lemak dan Meningkatkan Produktifitas

Cara Bakar Lemak

Kecilkan Perut Buncit Sebagai Resolusi Tahun 2018

Cara bakar lemak untuk menghilangkan perut buncit di tahun baru!  atau mengecilkan bagian tubuh lainnya dengan bakar lemak dalam tubuh? Come on! Pastikan di tahun baru ini kamu membuat daftar resolusi yang akan dilakukan sebagai patokan perubahan hidup kamu. Salah satu perubahan itu adalah, bagaimana cara berpenampilan lebih menarik. Simple, itu semua dimulai dari bentuk tubuh yang ideal. Kenapa bentuk tubuh harus ideal? singkatnya kalo emang bentuk tubuh kamu ideal, kamu akan lebih menarik di lihat lawan jenis dan mau memakai baju dan celana apapun, tinggkat kepercayaan diri kamu tidak akan turun, malah meroket dengan tubuh bagus yang kamu punya.

Punya bentuk tubuh ideal itu menjadi idaman semua orang, baik pria maupun wanita. Tapi sayangnya kalau kita tidak tahu Cara Bakar Lemak yang efektif, itu akan menjadi sesuatu yang sia-sia meskipun kamu berlatih secara rutin di gym. Bukan hanya untuk meningkatkan kepercayaan diri saja, tapi juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan (menjadi lebih sehat dan bugar).


Banyak studi dari seluruh dunia mengatakan, kalau lemak di perut yang mengendap terlalu banyak, akan berpotensi memiliki masalah gangguan kesehatan seperti, fatty liver, gangguan pernafasan, kanker, jantung, dan stroke. So, selain bikin sehat, kamu juga bisa berpenampilan lebih menarik! Tanpa banyak basa-basi disini saya akan kasih 7 simple Cara Bakar Lemak namun jarang orang tahu, khususnya Cara Bakar Lemak bagian perut demi membantu kamu terlihat lebih keren dan menarik.

 

Cara Bakar Lemak dengan Minimalisir Menimbang Berat Badan

Menimbang berat badan bukan hal yang terpenting yang harus kamu lakukan untuk mengetahui bentuk perubahan tubuh . Tapi bukan berarti menimbang itu hal yang harus dilakukan untuk mengetahui sampai mana tubuh berubah. Memakai timbangan sebagai benchmark atau tolak ukur boleh-boleh saja, tapi yang saya mau kamu tahu bahwa, jangan jadikan timbangan patokan perubahan tubuh.

Karena, bisa saja massa otot kita sudah naik dan lemak sudah terbakar tapi karena masih tetap tidak berubah angka di timbangan, lalu kamu berfikir perubahan yang kamu alami tidak terjadi. Dan ketika frustasi karena angka di timbangan terus sama, kamu lalu menghentikan program yang sebelumnya kamu lakukan dan efektif. Cara terbaik itu cobalah berdiri di depan kaca dan lihat bagaimana bentuk tubuh Kamu sebelum dan sesudah melakukan program diet atau latihan saat ini. Bisa juga dengan memfoto perubahan tubuh sebelum dan sesudah program.

Cara Bakar Lemak dengan Kurangi Kalori Bertahap

Mengurangi asupan kalori harian merupakan Cara Bakar Lemak  atau menghilangkan timbunan lemak di perut yang mutlak dilakukan. Dan jika Kamu sadar, disini saya bilang untuk mengurangi asupan kalori terutama dari karbohidrat (nasi, kentang, roti, dll) bukan berarti tidak mengkonsumsi nya sama sekali (Cara Bakar Lemak ini ada di poin ke 5). Kalau memang Kamu salah melakukannya, justru takutnya potensi rasa lapar, dalam satu hari malah akan meningkat. Tidak berhenti disitu saja, metabolisme tubuh Kamu juga akan melambat, jadi akan membuat tubuh sulit untuk membakar lemak. Karena itu Cara Bakar Lemak terbaik yang Saya anjurkan adalah, mengurangi kalori harian secara bertahap, dimulai 10% dari kebutuhan kalori harian dan di minggu ke tiga bisa dinaikkan 20-30%.

 

Cara Bakar Lemak dengan Latihan Beban

Disamping mengatur asupan kalori, latihan beban merupakan salah satu cara yang paling effektif untuk mengurangi lemak tubuh terutama di bagian perut. Disaat kita berlatih beban, penjelasan simplenya tubuh akan memakai kalori untuk tenaga dan secara tidak langsung membantu mengurangi kadar lemak di tubuh dan perut. Saya baca kutipan dari BodyBuilding.com, dan studi menunjukkan, berbeda dari latihan aerobik, latihan beban justru meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh bahkan sampai 39 jam setelah latihan.

Dilain sisi, angkat beban membantu meningkatkan massa otot sekaligus mengencangkan tubuh Kamu. Jadi semakin banyak otot yang kamu punya, maka semakin banyak kalori yang Kamu bakar setiap hari. Dan meskipun tujuan kamu fitness itu untuk menurunkan berat badan, maka Kamu tetap harus latihan beban. Kenapa? Dengan latihan beban, justru membantu Kamu mencegah hilangnya massa otot saat kamu sedang diet defisit kalori.

Cara Bakar Lemak dengan Program HIIT

High Intensity Interval Training mengharuskan Kamu melakukan latihan yang pendek dan singkat tetapi dengan intensitas yang tinggi, dengan waktu jeda yang sedikit. Dan jump rope atau lompat tali adalah salah satu metode effektif latihan HIIT. Lakukan pemanasan terlebih dahulu, lalu cobalah melakukan jump rope secepat yang Kamu bisa selama 10-30 detik. Lalu ikuti selama 30 detik lagi dengan kecepatan yang sedang atau rendah. Ulangi 3 atau 4 set. Tapi yang harus diperhatikan adalah, sebelum melakukan HIIT ada baiknya Kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti yang saya sudah katakan di awal. Jika Kamu dalam keadaan kurang maksimal (kurang sehat atau tidak bugar), bisa dimulai dengan kardio intensitas rendah atau sedang lainnya (jumping jack atau mountain climber)

Cara Bakar Lemak dengan Kurangi Karbohidrat (kurangi bukan berarti tidak makan sama sekali)

Melengkapi poin ke dua tadi, Bagaimanapun, mengurangi asupan kalori dari karbohidrat ialah cara mengurangi lemak perut terefektif. Apalagi karbohidrat dari gula! Meskipun seperti itu, saya tekankan sekali lagi bahwa, bukan berarti Kamu harus menghindari karbohidrat. Kamu tentu bisa mengonsumsi karbohidrat yang bisa membantu mencapai program Kamu untuk mendapatkan tubuh ideal.

Ingat seperti yang sudah pernah saya sampaikan, ketika saya diundang menjadi pembicara oleh Gold’s GYM dan DuniaFitnes untuk membeberkan rahasia menurunkan 5 kg berat badan dalam waktu 28 hari tanpa diet yang “susah” Bahwa Keseimbangan dalam diet dan olahraga lah yang berpengaruh besar untuk mendapatkan GOAL Kamu. Karbohidrat yang dapat saya rekomendasikan adalah karbohidrat kaya serat seperti Oatmeal, Sayur, Nasi Merah, Ubi, atau Pasta Gandum. Disamping mengurangi karbohidrat, Timing untuk mengonsumsinya pun juga harus diperhatikan dan dijadikan pertimbangan. Rekomendasi dari saya, untuk mengonsumsi karbohidrat (kompleks) harian Kamu cocoknya, pada pagi hari dan sekitar 1-2 jam waktu sebelum latihan Kamu (sebelum dan setelah latihan tergantung fitness goal Kamu).

 

Cara Bakar Lemak dengan Olahraga Dalam Keadaan Perut Kosong

Dan banyak studi mengatakan, berolahraga perut kosong meningkatkan oksidasi lemak tubuh menjadi energi. Tetapi saat saya cari tahu lebih dalam lagi, jika tujuan Kamu berolahraga itu untuk meningkatkan performa, maka olahraga dengan perut kosong tidak saya sarankan. Kenapa? Tidak adanya asupan energi dari makanan dalam waktu yang lama, itu membuat gula darah ditingkat yang rendah sekali dan berakhir dengan perasaan lemas. Tidak sampai disitu aja dapaknya, rasa lapar berlebih bisa membuat semangat dalam berolahraga ikut turun. Jika gula darah dan cadangan glikogen cenderung rendah, dapat menyebabkan tubuh kelelahan dalam waktu yang singkat. Jadi di saat Kamu bisa berolahraga 45menit sampai 60 menit, disini kita berbicara Kamu hanya dapat berolahraga mungkin sekitar 15-20 menit dengan intensitas rendah.

Karena kurangnya cadangan energi itu menyebabkan otak tidak berfungsi maksimal dengan baik, sehingga daya konsetrasi menurun dan resiko terjadinya cedera menigkat drastis. Berdasarkan dari penelitian  yang saya baca tentang, hubungan performa terhadap waktu makan, berolahraga saat perut kosong bisa  menurunkan daya tahan tubuh dan memicu tubuh memakai asam amino pada otot sebagai sumber energi, dan sesuai yang saya pelajari, kondisi ini menyebabkan masa otot turun dengan signifikan jika dilakukan terus menerus dalam jangka Panjang. Mengonsumsi makannan yang cukup berat beberapa jam sebelumnya atau snack ringan yang mengandung karbo sebelum olahraga, dapat membantu menghindarkan dari resiko yang telah saja jelaskan di awal.

 

Cara Bakar Lemak dengan Konsumsi Protein 2 kali berat badan

Mungkin Kamu tahu bahwa salah satu manfaat protein adalah untuk pembentukan otot. Protein merupakan zat pembangun utama bagi tubuh manusia terutama untuk otot, sehingga protein sangat membantu program fitness Kamu. Tapi yang saya mau kamu ingat bahwa, salah satu konsep membakar lemak itu adalah, semakin banyak otot dalam tubuh, semakin pembakaran lemak tubuh juga akan menjadi tinggi. Artinya kalau kita meningkatkan asupan protein, protein akan sangat membantu membakar lemak tubuh Kamu dengan meningkatkan massa otot.

Saya kutip dari American Journal of Physiology menyebutkan bahwa “kelompok peserta studi yang mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membakar lemak lebih banyak”.

Dan berapa jadinya kebutuhan protein per hari yang harus kita asup guna untuk membantu program yang kita ingin capai? Cara tersimpel adalah 2x Berat Badan Kamu 😉.

 

Meningkatkan Produktifitas

Itulah 7 Cara Bakar Lemak yang bisa kamu terapkan, dan tidak sampai disitu saja, Cara Bakar Lemak ini juga cocok buat kamu yang berprofesi sebagai karyawan dan profesional lainnya , Kamu juga bisa menerapkan nya dengan cara memanfaatkan waktu istirahat pulang kerja, atau pun ketika waktu istirahat jam makan siang. Dan untuk mendapatkan hasil terbaik, cukup lakukan latihan dengan durasi 30-45 menit saja, ini hanya 5% dari 24 jam yang Kamu punya sehari, Jadi tidak ada alasan lagi untuk tetap menyimpan lemak yang Kamu miliki sekarang!

Jika kamu melakukan hal yang saya kasih tau ini secara konsisten dan rutin, ini bisa meningkatkan tenaga dan stamina, yang berdampak pada peningkatan produktifitas, dan motivasi kamu bekerja di kantor, yang bisa berdampak pada lebih cepatnya pekerjaan selesai, sekaligus membuka peluang kamu untuk menjadi employee of the month.

 

Kamu Perlu Baca Artikel Informatif Lainnya:

Rahasia Six-Pack dengan Diet Zig-Zag

Cara Bakar Lemak Menjadi Energi : 5 Kunci Rahasia ( Terbukti Efektif ! )

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *